Jumat, 23 Oktober 2009

Pilkada Bombana 2010

Abdi Target Jadi Wabup Bombana

Rumbia, Kepres-Ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Bombana akan dihelat pada 2010 mendatang. Terkait hal ini beberapa kandidat yang mempunyai ambisi menjadi Bupati maupun Wakil Bupati Bombana telah berusaha melakukan pengenelan dan pendekatan terhadap masyarakat di daerah yang memiliki tambang emas ini baik dalam bentuk baliho maupun langsung terjun kerumah-rumah masyarakat.

Dimana salah satunya warga Bombana yang berkeinginan untuk maju memperebutkan kursi kosong dua Bombana pada 2010 mendatang adalah Abdi,S.Pd,M.Pd. Dimana laki-laki kelahiran Masaloka Kabupaten Bombana pada 31 Desember 1970 lalu ini mempunyai tekad kuat untuk membangun daerah kelahirannya.

Pria yang merupakan alumni SMPN 1 Kasipute tersebut pada awal 2010 mendatang dipastikan akan meraih gelar doktornya disalah satu perguruan tinggi di Makassar dan sekarang ini menjalani pekerjaan sebagai salah satu pejabat eselon III di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bantaeng Sulsel.

Keinginan ia untuk maju sebagai salah satu calon Wakil Bupati Bombana selain untuk memperbaiki tatanan pemerintahan di Bombana juga didorong keinginan kuat untuk lebih memajukan Bombana kedepannya nanti.

Menurut ia, dalam memperbaiki pengelolaan pemerintahan di Bombana diperlukan adanya tatanan yang serius berdasarkan norma, tata aturan dalam good governance, implementasi etika pemerintahan secara konsisten pada seluruh level dan jajarannya serta SDM aparatur yang harus dikembangkan. Terkait dengan deposit tambang emas yang ada di bumi Bombana, kata ia, pengelolaannya harus dilakukan dengan sebaik-baiknya terutama dalam memperhatikan aspek keselamatan lingkungan dan dampak social dimasyarakat Bombana sehingga keberadaan tambang emas diharapkan dapat memberikan peningkatan taraf hidup terhadap masyarakat setempat dan sebaliknya masyarakat tidak hidup dalam jurang kemiskinan.

Demikian halnya dengan potensi sumber daya alam laut yang dimiliki Bombana, menurut Abdi, mesti dikembangkan dan diberdayakan khususnya ikan dan rumput laut didaerah pesisir laut harus ditingkatkan dan lebih dieksplorasi lagi untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat setempat. Begitu juga dalam hal pengembangan sector pariwisata di Bombana harus ditingkatkan, mengingat keragaman budaya dan potensi alam Bombana sangat mendukung dan mempesona.

Yang paling utama, lanjut pria berdarah Bugis ini adalah religiusitas masyarakat dalam rangka peningkatan iman dan ketaqwaan mesti trus di bina agar keharmonisan beragama tetap terjaga. "Sektor pendidikan dan kesehatan juga harus menjadi tanggungjawab penuh pemerintah agar kebodohan dan buta aksara serta gizi buruk dapat semakin berkurang," tutur alumni SDN Masaloka ini.

sumber : Kendari ekspress

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Entri Populer