Jumat, 23 Oktober 2009

Gelar Budaya Moronene Dipusatkan di Watubangga

Kolaka, KP
Gelar budaya suku Mornene berupa prosesi adat montewehi wonua akan dilaksanakan di Kecamatan Watubangga, tempatnya di lapangan sepak bola Mokole Sou, hari ini. Camat Watubangga, Hasbir Jaya Razak melalui rilisnya mengatakan, gelar budaya suku Moronene yakni montewehi wonua yang berarti penyucian negeri atau tolak bala dilaksanakan oleh suku Moronene setiap tahunnya, dengan tujuan negeri atau daerah Kecamatan Watubangga dan sekitarnya terhindar dari berbagai bala bencana. "Kegiatan ini rencananya akan dihadiri Gubernur Sultra, H. Nur Alam, Bupati Kolaka, H. Buhari Matta, Bupati Bombana, Atiku Rahman, Muspida, pejabat dan masyarakat." katanya.
Dalam acara tersebut, akan menampilka tiga prosesi adat suku Moronene, yakni montewehi wonua, mobeli wonua dengan menyembeli 1 ekor kerbau putih sebagai kurban, dan weanganga atau memenuhi nazar orang tua suku Mornene yang telah meninggal sebelum nazarnya terpenuhi. "Weanganga merupakan nazar orang tua suku Moronene yang telah meninggal dan ditebus oleh anak cucunya." kata mantan Sekcam Kabupaten Kolaka ini.
Gelar Budaya Moronene menurut Hasbir merupakan acara yang sangat positif dan perlu dilestarikan, sebab suku mornene merupakan salah satu suku tertua yang di Sulawesi tenggara.
Besarnya jumlah suku Moronene yang bermukim di Kecamatan Watubangga, membuat pihak Kecamatan menjadikan kegiatan ini sebagai agenda tahunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Entri Populer