Rabu, 31 Maret 2010

Emang Bombana Bisa Banjir Juga Toh ......~!!!!!!????? He.he..he....


Bombana Terendam Banjir

Bupati Salahkan Warga tak Jaga Kebersihan

Kasipute, KP
Banjir kini menjadi ''tamu'' tetap bagi masyarakat di Ibu Kota Kabupaten Bombana setiap hujan mengguyur. Meski sudah berkali-kali terjadi, pemerintah setempat terutama instansi teknis terkait belum juga tanggap melakukan antisipasi. Kemarin banjir kembali melanda Bombana. Hujan yang hanya mengguyur selama dua jam itu ''berhasil'' merendam tak kurang dari 267 bangunan, termasuk sejumlah ruas jalan. Tinggi air mencapai pinggang orang dewasa. Tercatat, enam kelurahan di wilayah ibu kota terendam banjir. Kelurahan Lampopala merasakan dampak paling besar. Di tempat itu, selain rumah dan pertokoan warga, juga terdapat sarana umum yang terendam air. " Sampai sekarang sistem drainase yang buruk belum diperbaiki. Selain volumenya kecil dan tidak bisa menampung air. Drainasenya tidak langsung diarahkan ke laut tetapi diputar-putar di wilayah ibukota. Kapan baru diperbaiki, sehingga masyarakat di sini berhenti merasakan banjir seperti ini," kesal Yunus Mase, salah seorang warga Kasipute yang rumahnya terendam banjir.
Bupati Bombana, Atikurahman melaporkan, sedikitnya 100 unit rumah terandam di kelurahan tersebut plus satu unit Sekolah Dasar 01 Lampopala. Di Kelurahan Talabente, 65 rumah warga terendam, di kelurahan Doule 50 unit, Kelurahan Lauru dan Kampung baru sekitar 70 rumah, sedangkan Kelurahan Kasipute 50 unit rumah dan satu penginapan direndam banjir. Bahkan diantara puluhan rumah yang terendam di wilayah Kasipute, 20 diantaranya sudah menjadi langganan tetap banjir sejak tahun 2007 lalu.
Atikurrahman yang ditemui justru balik mempersalahkan warga karena dianggap tidak mengindahkan kebersihan dengan membuang sampah di selokan. " Itu karena ada penyumbatan drainase. Baru tahun ini ada banjir, karena masyarakat sembarangan buang sampah," kilahnya.
Di tanya soal korelasi banjir dengan penjamahan areal hutan, Atiku bergeming. Ia kembali menegaskan, banjir tersebut lebih karena perilaku masyarakat. Tapi katanya ia telah menginstruksikan kepada Dinas PU untuk melakukan pembersihan di daerah aliran banjir dan drainase agar banjir segera surut. "Kita sudah bergerak melakukan tindakan pemulihan dan saya sudah perintahkan dinas PU membongkar sumbatan (di drainase) itu," tukasnya.( A poor my Regency )

Trusss Siapa Donk Yg Salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Entri Populer