Selasa, 18 Agustus 2009

Sumbangsih Pelajar Mahasiswa Bombana

Bombana, Untuk lebih mengetahui kualitas sekaligus visi para Calon Legislatif (Caleg) yang akan duduk di kursi DPRD Bombana, maka masyarakat Bombana diberi kesempatan untuk menyaksikan langsung kemampuan Caleg Bombana dalam sebuah dialog dan debat terbuka.
Debat Caleg Bombana yang diprakarsai oleh Pelajar dan Mahasiswa Bombana Kendari-Sultra tersebut digelar di Gedung Serbaguna Kasipute pada Selasa (10/3). Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari para Caleg. Terbukti, banyak Caleg ambil bagian, dimana pada Selasa (10/3) debat dikhususkan bagi Caleg dari Dapil 3 Rumbia-Rarowatu. Kemudian, kemarin Caleg di Dapil 2 Poleang akan mendapatkan kesempatan sama di Poleang disusul Caleg di Dapil 1 Kabaena pada Sabtu (14/3).

Pelajar Mahasiswa Bombana mengatakan, tujuan debat ini untuk mengetahui visi partai dan Caleg serta bagaimana bisa mendapatkan titik temu antara masyarakat dan partai. Selain itu, dapat memberikan gambaran kepada masyarakat tentang sejauh mana keseriusan dan kematangan Caleg bersangkutan untuk dapat menjadi seorang wakil rakyat. “Dengan adanya debat ini, masyarakat Bombana dapat mengetahui dan memilih siapa Caleg yang memang layak untuk duduk di kursi DPRD Bombana. Dan juga dapat diketahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap anggota Dewan Bombana yang ada sekarang dengan anggota dewan kedepannya,” jelas Para Pelajar dan Mahasiswa Bombana ini.

Karena berdasarkan hasil analisis mahasiswa terhadap kinerja anggota dewan Bombana yang sekarang, kata Arwin, adalah sangat memprihatinkan dan amburadul sehingga menyebabkan hasil pembangunan di Bombana terkesan mengecewakan. Salah satunya, lemahnya pengawasan pihak legislatif. Olehnya, mahasiswa Bombana menginginkan agar kondisi tersebut tidak lagi terjadi pada anggota dewan yang akan duduk pada periode selanjutnya.
Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan para Caleg cukup antusias memberikan argumen-argumen terhadap sejumlah pertanyaan yang disodorkan. Dalam debat tersebut, setiap Caleg diberi kesempatan untuk berargumen sekitar dua menit dan sebagian Caleg lebih menfokuskan bahan debat pada pemberdayaan Sumber Daya Alam dimiliki Bombana khususnya dalam hal pengelolaan tambang emas.

Sayangnya dalam debat alot tersebut tidak semua Parpol peserta Pemilu di Bombana menghadirkan delegasinya melainkan yang hadir diantarannya hanya Caleg PKPB, PPRN, Gerindra, PPD, PNI, Marhanisme, PPDI, Golkar, PNBK, Partai Demokrat, PIS, PKNU, dan Partai Buruh. Kemudian dari sekian banyak Caleg perempuan yang ditawarkan Parpol, nampak hanya satu Caleg jender yang tampil sebagai pembicara yakni Caleg delegasi dari Partai Demokrat, Suhartin, S.HUT. Turut hadir pula sejumlah tokoh masyarakat, tokoh pemuda, LSM, sejumlah organisasi kemasyarakatan dan pemuda Bombana serta para Lurah dan Kepala Desa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Entri Populer